.quickedit { display:none; }

Mengapa Saya Baca Buku ?



Suatu ketika saya mengobrol dengan teman saya yang suka baca juga. Kami membahas apa saja tentang buku hingga akhirnya teman saya itu bilang "Bri, gue itu baca buku karena gue pengen tahu, kalo misalnya untuk bisa tahu caranya itu minum obat, ya gue minum obat. Tapi satu-satunya cara biar tahu kan baca buku"
Motivasi dia untuk membaca tersebut memang tercermin dari genre favoritnya yaitu non-fiksi,khususnya sosial-politik. Buku-buku non-fiksi memang lebih cenderung menyajikan pengetahuan/informasi sehingga seseorang bisa mendapat wawasan yang mungkin sebelumnya ia tidak ketahui.

Mendengar perkataan teman saya itu, saya menjadi bertanya-tanya kepada diri sendiri. Mengapa saya baca buku ? Apakah saya baca buku juga supaya menjadi tahu ? Setelah saya renungkan, motivasi saya sepertinya tidak sama dengan teman saya. Buku-buku favorit saya adalah yang bergenre fiksi. Sedangkan buku fiksi lebih kepada menawarkan cerita-cerita karangan bukan wawasan/pengetahuan. Lalu apa motivasi saya ? Akhirnya saya menyadari bahwa saya suka baca buku karena ingin mendapat sesuatu yang menarik. Motivasi tersebut barulah selaras dengan genre favorit saya. Jika saya tidak membaca suatu buku, maka saya akan melewatkan hal menarik.

Misalkan ketika membaca novel Bumi, saya mendapat betapa menariknya kisah petualangan Raib (perempuan yang memiliki kekuatan menghilang). Jika saya tidak membaca buku itu, saya akan rugi karena melewatkan kisah menarik tersebut.

Saya jadi suka belajar tata bahasa Indonesia berkat baca buku.
Setelah membaca buku, saya tidak hanya mendapat hal menarik, masih ada sesuatu yang saya dapat. Secara tidak langsung saya jadi memahami dan tahu beragam macam alur dan ide cerita. Saya juga menjadi belajar tata bahasa dan perbendaharaan kosakata menjadi bertambah. Hal itu tentu bermanfaat saat menulis postingan di blog. Saya pun akhirnya menjadi tertarik belajar lebih dalam tentang bahasa Indonesia.
 Lebih jauh lagi, pemahaman tentang bahasa tersebut tentu berguna bagi saya yang berprofesi sebagai guru SD. Tidak jarang saya suka mengingatkan murid tentang penggunaan kata yang baku.

Nah itu sharing saya tentang motivasi saya membaca buku. Mungkin ada diantara kalian yang juga punya motivasi membaca sama seperti saya ? Atau ada motivasi lain ?

6 komentar

Sama sih, banyak hal menarik yang kadang kita gak sadar bisa kita dapatkan saat membaca buku.

Reply

Membaca buku itu suatu nikmat :D dan juga cara menghilang tanpa keluar dari rumah :D

Reply

Aku jg suka fiksi terutama romance, hehee :D
Awalnya baca buku buat ngisi waktu luang biar sibuk gitu, eh ga taunya ketagihan.

Reply

@Khoirina Annisa: iya tiap buku pasti ada hal menariknya
@Marfa Umi: Betul mba.... baca buku itu nikmat :D
@Nhe!: nah sama... salah satu genre favorit saya juga romance hehe

Reply

baca buku itu kayak konsumsi vitamin. banyak manfaatnya :)

Reply

Nambah wawasan
Www.mynameiswanto.blogspot.com

Reply

Post a Comment