26 January 2019



Judul : Memeluk Masa Lalu
Penulis : Dwitasari
Penerbit : Bentang Belia
Tebal : 132 hlm
Terbit : 2016
ISBN : 9786021383773



"Makasih, akhirnya kamu membuktikan bahwa nggak semua cowok di Indonesia itu brengsek" -halaman 106-


Hati Cleo dibuat Porak-poranda Oleh Radit. Disisi lain, Radit sebenarnya tidak ada niat seperti itu.  

Memeluk Masa Lalu merupakan salah satu karya novel dari penulis bernama Dwitasari yang karyanya sudah banyak dinikmati oleh para penggemar kisah cinta fiksi. Dwitasari sudah banyak menerbitkan novel-novel berkelas yang salah satu karyanya dengan judul Raksasa dari Jogja sampai dijadikan sebuah film layar lebar oleh sutradara kenamaan di Indonesia yaitu Hanung Bramantyo suami dari Zaskia Adya Mecca.

 Tema dari buku memeluk masa lalu karya Dwitasari adalah tentang cinta pada pandangan pertama. Kisah cinta yang disebabkan karena pertemuan singkat antara gadis bernama Cleo dan seorang pria bernama Raditya dalam perjalanan dengan menggunakan bus dari Yogyakarta ke Cibinong. Pertemuan singkat yang bukan merupakan adegan romantis tetapi perdebatan diantara keduanya.

Novel ini menceritakan tentang seorang gadis berumur 20 tahun bernama Cleo yang terkenal sebagai seorang penulis. Cleo bertemu dengan Raditya ketika akan melakukan perjalanan dari Yogyakarta-Cibinong dengan bus. Pertemuan singkat tersebut mampu membuat Cleo merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Setelahnya, Cleo berusaha untuk melupakan tetapi saat Cleo ingin melupakannya takdir berkata lain dan mereka kembali dipertemukan.

Pada buku ini latar yang digunakan oleh penulis adalah kota Yogyakarta seperti pertemuan pertama Cleo dan Raditya di bus Yogjakarta-Cibinong. Kemudian alurnya  adalah alur maju dengan dua sudut pandang (sudut pandang Cleo dan Raditya). Bagi kalianyang baru akan membaca buku ini, maka pastikan untuk menyiapkan hati karena buku ini dapat membuat kalian ikut baper

Buku ini juga memiliki gaya bahasa yang sangat ringan dan mudah dipahami. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk membaca secara keseluruhan cerita tentang Memeluk Masa Lalu ini karena jumlah halaman yang sedikit dan juga bahasa serta penulisan yang mudah dipahami dan anak muda sekali. Suasana yang tergambar pada buku inipun dibuat dengan singkat tetapi menjadi mudah untuk dipahami bagi Anda para pembaca.

Tokoh utama dari buku ini adalah Cleo, si penulis yang terkenal karena kebanyakan kisah cinta yang dituliskan pada setiap bukunya merupakan pengalaman cinta pribadinya. Serta seorang pemuda bernama Raditya yang menjadi sosok lelaki yang disukai oleh Cleo tetapi sudah memiliki seorang tunangan bernama Ninda dan seorang teman Cleo bernama Rey yang sudah berteman dari SD lalu dekat kembali karena sebuah aplikasi bernama MeetYou.

Pada buku Memeluk Masa Lalu ini dapat diambil pesan bahwa jangan sia-siakan setiap pertemuan yang terjadi, tidak ada yang tahu pelajaran seperti apa yang didapatkan. Buku ini juga menggambarkan tentang cinta mungkin memang tak berarti harus memiliki. Ketika Anda tahu orang yang dicintai bahagia, maka Anda hanya perlu mundur perlahan, belajar melupakan dan mulai semuanya dengan seseorang yang baru.

2 komentar:

  1. waah jadi pengen beli buku ini..kata” terakhirnya itu loh, mundur perlahan, belajar melupakan dan mulai semuanya dengan seseorang yang baru.. mantaap jadi agak baper..hahah

    ReplyDelete

Warung Blogger