2 April 2017

Suatu ketika saya menemukan artikel tentang 5 akun twitter yang membahas penggunaan bahasa Indonesia yang tepat. Dari situ saya mulai merasa tertarik mendalami bahasa Indonesia dari berbagai sumber. Saya berharap ada sumber lain lagi selain pedoman EBI. Setelah searching ini-itu di google, saya menemukan ternyata ada rubrik bahasa di Kompas. Sebenernya saya pernah tahu rubrik itu. Namun saya pikir isinya nggak menarik, Jadi nggak pernah baca.  Rubirk itu udah ada sejak awal tahun 2000an. Duh agak nyesel juga. Kenapa baru nyadar sekarang kalo rubrik bahasa itu sebenernya menarik. Lalu saya searching lagi dan ternyata Ada 2 buku kumpulan rubirk bahasa yang pernah terbit di Harian Kompas.



Wahh beruntung !! Saya jadi bisa baca kumpulan kolom bahasa Kompas tahun 2001-2006. Buku pertama berjudul Inul itu Diva dan yang kedua berjudul 111 kolom Bahasa Kompas. Saya langsung beli 2 buku itu pada Februari 2017. Saya sempat khawatir karena dua buku itu sudah lama terbit. Untung disitus jual-beli masih ada. Kemudian saya menemukan lagi bahwa rubrik bahasa tidak hanya ada di Kompas, tapi juga ada dikoran lain seperti Pikiran Rakyat, Media Indonesia, dan Lampung Post.



Nah sejak itu saya makin tertarik untuk membaca rubrik bahasa yang ada di media cetak, Lantas saya pun berpikir untuk mengarsipkan rubrik-rubrik bahasa tersebut. Namun kalau dengan membuat kliping cetak nggak mungkin. Saya hanya bisa mengakses empat koran itu lewat epaper. Jadi pengarsipan yang mungkin dilakukan adalah secara digital yaitu dengan cara men-screenshoot rubrik itu dan saya posting ke blog.

Maka dari itu saya juga sekalian memberi tahu bahwa blog ini memiliki satu menu halaman baru yaitu "Bahasa". Halaman tersebut akan menampung hasil sreenshoot rubrik bahasa dari empat koran tersebut. Dengan diposting di blog, saya pikir ada nilai plusnya daripada disimpan dilaptop saja. Pengarsipan jadi lebih rapi dan mudah diakses. Selain itu mungkin bermanfaat juga bagi anda yang tertarik dan ingin mengakses rubrik bahasa,


0 komentar:

Post a Comment

Warung Blogger