.quickedit { display:none; }

Pengalaman Beli Buku di Bukalapak.com


Semua orang tentu sudah tau situs jual-beli online ini. Bahkan kalian mungkin sudah sering beli barang disitu. Nah kalau saya baru pertama kali beli barang disitus ini. Tentu barang yang saya beli adalah buku.

Gatau kenapa, sebelumnya saya nggak tertarik beli buku disitus online marketplace seperti bukalapak. Saya lebih suka beli online di situs toko buku online. Entah sugesti dari mana, saya menganggap beli di situs online marketplace itu akan ribet dan takut barang yang datang tidak sesuai pesanan.

Apakah prasangka saya itu benar ?

Ternyata salah. Justru saya merasa nyaman beli di bukalapak.com. Di situs itu ada pilihan pembelian yang tidak perlu register. Nah itu praktis sekali. Selain itu, kita juga mendapat SMS biaya yang harus dikirim dan daftar nama bank dan no rekeningnya. Wah enak... saya jadi ga usah ngetik no rekening di handphone. Status proses pengiriman barang kita juga berulang kali di informasikan lewat email.

Email pertama memberitahu bahwa pesanan sedang diproses. Kedua, pemberitahuan bahwa pesanan sudah dikirim. Ketiga, pemberitahuan bahwa status pesanan: manifested. Email terakhir menginfokan status pesanan: recieved on destination 


Itu membuat saya yakin bahwa pesanan pasti akan sampai.  Saya memesan tanggal 7 September dan Email bukalapak menginfokan bahwa pesanan akan sampai pada 9 September. Dan benar saja, Tanggal 9 September siang barang sampai di rumah saya dan isinya sesuai pesanan. Buku dalam kondisi baru dan tersegel.





Dan satu lagi yang menjadi kelebihan kalau beli buku di situs online marketplace. Kita bisa nemu buku terbitan lama yang nggak tersedia di toko buku online. Bisa nemu juga dalam bentuk paket berisi beberapa buku. Harganya juga bervariasi sehingga bisa memilih sesuai budget yang dimiliki.
Bahkan sampai ada paketan majalah bobo edisi lama tapi kondisinya masih seperti baru. Nah itu yang juga saya cari-cari.

Saya sendiri awalnya berencana membeli buku dalam bentuk paket. Saya ingin beli paketan buku kkpk untuk pojok baca kelas saya yang baru. Kelas yang baru ? Yup,....saya baru saja dipindah mengajar dari kelas 3 ke kelas 6. Berhubung di kelas 6 belum ada pojok baca, saya mau mengadakannya.

Namun sulit menemukan paketan buku kalau di toko buku online. Akhirnya saya iseng-iseng ke bukalapak. Wuihhhh... cukup banyak pilihan paketan buku kkpk. Saya bisa memilih paketan buku yang sesuai budget saya. Akhirnya saya membeli paket 10 buku KKPK dengan harga 110 ribu. Berarti harga 1 buku 11ribu kan. Murah Banget !


Setelah pesanan diterima, kita lakukan konfirmasi barang telah diterima dengan mengklik tombol konfirmasi yang ada di email. Kita juga mengisi feedback untuk pelapak. Akhirnya... saya kayaknya ketagihan beli di bukalapak. Disana masih lumayan banyak buku-buku paketan dengan harga terjangkau yang menjadi incaran saya (kumat lagi dah gila beli bukunya hahaha)

2 komentar

Bukalapak emang keren sih menurut gue, apalagi konsep perusahaannya. Ini mungkin orang dibalik layar yaitu CEO nya sendiri yang sangat kreatif membangun perusahaan toko online yang sangat banyak memikat para masyarakat untuk menggunakan Bukalapak

Reply

Sebetulnya belanaja di market place ga ribet si karena mereka udah punya sistemnya jadi kita tinggal bayar & bisa cek pengirimannya, cuma ya itu harus pinter2 pilih penjualnya karena ga semua penjual responnya cepet & selain itu harus cek harga dulu di toko sebelah karena sering ada barang yg sama tapi harganya beda

Reply

Post a Comment